HKBPHKBP SERPONG

Villa Melati Mas Jl. Oleander VI Blok O No.1

Serpong - Tangerang - 15310

Tlp. 021 - 5376465

        Email : hkbp_serpong@yahoo.co.id

 

<< BACK

Renungan

 


Minggu V Setelah Trinitas, 22 Juni 2008

HIDUP OLEH ROH

Galatia 6: 1 - 6

Bila kita membaca kitab Galatia secara keseluruhan, maka inti pesan yang disampaikan adalah kemerdekaan di dalam Kristus. Dengan kata lain “Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, karena Kristus telah memerdekakan kita, karena itu berdirilah teguh dan jangan lagi mau dikenakan  kuk perhambaan (5:1)”. Kemedekaan yang dimaksud adalah merdeka dari kungkungan hukum taurat. Setiap orang hidup dalam kedagingan (Gal. 5: 19-21) dijelaskan bahwa perilaku kedagingan adalah: pencabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, dll. Maka setiap orang yang mengaku Kristus sebagai Tuhannya maka dia telah merdeka dan menjadi ciptaan baru. Dan setiap orang yang telah dimerdekakan dari keinginan daging maka dia akan hidup dalam buah-buah Roh. Maka Roh Tuhanlah yang memampukan seseorang untuk dapat meninggalkan dan mengalahkan kedagingan tersebut. Perilaku dari buah-buah Roh menurut Gal. 5:22 adalah kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kelemahlembutan, dll. Maka seseorang dapat meninggalkan keinginan daging itu  adalah “Hidup dalam Roh” disitulah dia mengalami kemerdekaan di dalam Kristus.

Dalam perikop kita saat ini dijelaskan perilaku setiap orang Kristen yang telah dibebaskan. Dikatakan: jika seseorang kedapatan berbuat dosa maka kita harus menuntunnya ke jalan yang benar di dalam Roh dan kelemahlembutan. Bukan dibiarkan begitu saja, Yesus berkata: “jika seseorang temanmu berbuat dosa tegurlah dia dalam empat mata” selanjutnya kehidupan orang yang merdeka dalam Kristus adalah saling tolong-menolong dalam menanggung beban, artinya setiap orang yang telah dimerdekakan itu harus mampu hidup soldier, empati terhadap sesama teman, karena demikianlah kita telah melaksanakan hokum kristus yaitu saling mengasihi.

Perilaku seseorang yang telah dimerdekakan Kristus juga adalah jangan mengganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain, akibatnya dia tidak memperhatikan teman-temannya lagi, menganggap dirinya lebih pintar, mengganggap dirinya paling Super (elit hape alit) dll. Yesus berfirman: barang siapa yang meninggikan diri ia akan direndahkan, Barang siapa merendahkan diri ia akan di tinggikan. Marilah kita hidup sebagai orang yang telah dimerdekakan Kristus dan hidup dalam buah-buah roh. PBS

 

 

Pelantikan Pelayan Seksi-seksi HKBP Serpong, diharapkan kepada seluruh pelayan untuk hadir pada kebaktian siang tanggal 8 Juni 2008.

Hit Counter

Website HKBP Serpong
Last updated: Juli 02, 2008.